Seminar Ilmiyah PPI-Yaman: Toleransi Islam dalam Ranah Kehidupan Bernegara

Sore ini setelah melaksanakan ibadah shalat maghrib tepatnya hari Kamis, 6/08 bertempat di aula fakultas Syariah wal Qanun Universitas al-Ahgaff Tarim,
dewan pengurus wilayah Hadhramaut Persatuan Pelajar Indonesia se-Yaman (DPW-Hadhramaut PPI Yaman) menggelar sebuah seminar ilmiah dengan key-note speaker Ust. Abdul Aziz dan Ust. Moh. Faiz Nur Kholis yang membahas tema “Reaktualisasi Tawassuth Tawazun dan Tasamuh dalam Kehidupan Bernegara.”

Acara yang dihadiri oleh sebagian besar pelajar Indonesia yang berdomisili di Tarim khususnya dari fakultas Syariah ini langsung dihandle oleh deparatemen pendidikan dan dakwa DPW-Hadhramaut PPI-Yaman yang juga disponsori oleh KBRI-Sana’a.

Setelah acara dibuka dengan membaca ummul-qur’an kemudian dilanjutakan dengan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an, acara intipun langsung dimulai guna efesiensi waktu. Pada sesi pertama Ust. Abdul Aziz yang juga mahasiswa pasca sarja universitas al-Ahgaf ini memberikan presentasinya seputar tema di atas dilanjutakan pemakalah yang kedua Ust. Moh. Faiz, Nur Kholis kemudian pada sesi berikutnya para peserta seminar diberikan kesempata untuk berdialog  dan tanya jawab.

Faktultas Syariah wal-Qanun universitas al-Ahgaff yang khusus dibuka di kota Tari merupakan salah satu intrumen tarbiyah kota auliya’ ini dan mulai menerima calon mahasiswa baru pada tahun 1996/1997, materi yang diajarkan adalah sebagaimana fakultas syariah yang lainnya hanya saja nilai lebihnya ada pada penggabungan dua manhaj, yaitu klasik dan modern serta lingkungan social yang bebenar dapat memberikan kontribusi besar bagi tercetaknya alumnus-alumnus yang handal sehingga kelak dapat mewarnai kehidupan masyarakat sekitar. (AM Saputra)

Categories: Kampus | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: