Info Beasiswa Universitas al-Ahgaff 2010-2011

SEKILAS TENTANG HADRAMAUT

Hadramaut adalah salah satu provinsi yang ada di bagian selatan Republik Yaman, sebuah provinsi yang kaya akan peradaban Islam dan semarak dengan ilmu pengetahuan. Sejak silam orang-orang telah datang dari berbagai penjuru negeri untuk menuntut ilmu di tempat ini, hingga bermunculanlah ulama-ulama besar yang menyebarkan Islam ke berbagai negara termasuk Negara Indonesia tercinta. Hingga kini ribuan manuskrip hasil karya putra ulama-ulama terdahulu masih terpelihara di perpustakaan-perpustakaan setempat, hubungan (komunikasi) antara Indonesia-Yaman pernah terputus beberapa tahun silam, ketika negara tersebut dikuasai dan dijajah oleh komunis.

Alhamdulillah semua itu telah berlalu, hingga kemudahan komunikasi kembali terwujud dibarengi dengan munculnya kembali lembaga-lembaga Islam, wadah penggemblengan generasi penerus da’wah Rasulullah SAW. Indonesia adalah salah satu negara yang banyak putra-putri bangsanya ke Yaman untuk menimba ilmu di tempat penyebar Islam berasal.

UNIVERSITAS AL-AHGAFF

Al-Ahgaff adalah salah satu universitas yang berada di provinsi hadramaut, universitas ini resmi didirikan pada tahun 1994 melalui SK Menteri Pendidikan No. 5 tanggal 8 Februari Tahun 1994, oleh para ulama terkemuka yang dipelopori Al Allamah l Habib Abdullah bin Mahfudz Al Haddad Mufti Provinsi Hadramaut. Pada tahun 1995 Universitas Al-Ahgaff resmi menjadi anggota persatuan universitas negaranegara Arab dan resmi menjadi anggota Asosiasi Universitas-Universitas Islam.

FAKULTAS

Universitas Al-Ahgaff mempunyai 4 Fakultas sebagai berikut:
1. Fakultas Syari’ah Wal Qonun (putra/5tahun)
2. Fakultas Ekonomi (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Akuntansi
b). Manajemen bisnis
3. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Komputer Informatika
b). Teknik Komputer
4. Fakultas Tarbiyah (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Dirosah Islamiyah
b). Bahasa Arab

Pelajar Indonesia diberikan besasiswa khusus untuk belajar di:
1. Fakultas Syari’ah wal Qonun (putra)
2. Fakultas Tarbiyah (putri)

FAKULTAS SYARI’AH WAL QONUN (PUTRA)

Ditempatkan di kota “Tarim” yang sejak dulu dikenal sebagai kota Ilmu dan Ulama’. Universitas Al-Ahgaff dengan Fakultas Syariahnya telah mencoba untuk memelihara dan menggabungkan antara manhaj Salaf dan Kholaf.

FAKULTAS TARBIYAH (PUTRI)

Bertempat di kota Mukalla. Para mahasiswi, dibekali dengan berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman, sehingga menjadi wanita sholihah yang berilmu tinggi dan berwawasan luas. Di Universitas Al-Ahgaff juga telah dibuka program (S2) dan (S3) Fakultas Syariah, Ilmu Bahasa Arab dan Tarbiyah.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Menyerahkan photo copy ijazah SMU/MA/Sederajat, sebanyak 2 lembar dengan nilai rata-rata minimal 7,0.
3. Ijazah tidak lebih dari empat tahun.
4. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak empat lembar. (Background putih)
5. Membawa surat pengantar dari pondok pesantren/sekolah.
6. Bagi yang ijazahnya belum keluar, maka dapat dengan menyerahkan photo copy raport yang dilegalisir dari sekolah SMU/MA/Sederajat.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
1. Waktu Pendaftaran di mulai pada tanggal 1 Mei s/d 04 Juni 2010.
2. Pendaftaran bisa via sms atau datang langsung ke tempat pendaftaran (Tempat pelaksanaan Tes)

PELAKSANAAN UJIAN
A. MATERI UJIAN
1. Ujian Tahriri: – Bahasa Arab (Nahwu, Shorof dan Ta’bir) – Fiqh (Setingkat Fathul Qorib)
2. Ujian Syafahi: – Muhadatsah – Qiro’atul Kutub (membaca kitab setingkat Fatul Qorib)

B. WAKTU dan TEMPAT UJIAN

1. PP. AL KHAIRAT (Palu Sulawesi Tengah)
Pelaksanaan Tes : tanggal 23 Mei 2010

Contact Person :
Habib Alwi Al Jufri :081 347 715 656
Ust. Abdul Harist :081341114779)

2. PP. AL FALAH (Banjar Baru Kalimantan Selatan)
Pelaksanaan Tes : 2 Juni 2010

Contact Person :
Ust. Hamdani : 081348720313
Ust. Arif,S.Pd.I : 085251229828

3. PP. DARULLUGHAH WADDA’WAH (Bangil Jawa Timur)
Pelaksanaan Tes :
Putra = 05 Juni 2010
Putri = 06 Juni 2010

Contact person :
Ust. Ust. Hasan Basri: 0813577961636
Ust. Makki Lazuardi : 085815102755
Ust. Edi Mahmud : 081351571178

4. PP. KAUMAN ( Lasem Rembang Jawa Tengah)
Pelaksanaan Tes :
Putra = 8 Juni 2010
Putri = 9 Juni 2010

Contact Person :
Ust. Munawwir : 081575564395

5. PP. ARRIYAD Palembang Sumatera Selatan
Pelaksanaan Tes : 16 Juni 2010

Contact Person :
Habib Hamid Al Habsyi :08153844972
Ust. Mustamiruddin : 081373957681

6. PP. AL KAUTSAR AL AKBAR (Medan Sumatera Utara)
Pelaksanaan Tes :
19 Juni 2010

Contact Person :
Ust. Muhyiddin =08126532221

7. PP. AL AHGAFF (Cipayung Bogor Jawa Barat)
Pelaksanaan Tes :
24 Juni 2010

Contact Person :
Ust.Abdullah Shoim = 085224377470
Ust. sunardi =081355377412

PUSAT INFO :
– HABIB HASAN AL JUFRI = 08122212000
– USTADZ AHMAD FAUZI HAMZAH = 081252443707

LAIN – LAIN
Bagi mereka yang dinyatakan lulus tes dan memenuhi syaratakan mendapatkan beasiswa penuh berupa: beaya pendidikan, asrama dan makan. Untuk biaya keberangkatan dan jaminan tiket kepulangan, pengurusan visa dan lainlain ditanggung calon mahasiswa yaitu sebesar $ 1.500 USD (seribu lima ratus dolar amerika) Informasi lebih lanjut hubungi:
1. Sekretariat: Yayasan Al-Ahgaff
Jl. Jagasatru No. 56/193 Cirebon 45115,
email: ahgaff_indonesia@yahoo.com,
Fax : (0231) 203157,
HP: 08122212000, 081546522000 (Hb. Hasan Al Jufri)

2. Ust. Zainal Muttaqin: 081946950900

3. Ust. Akhmad Fauzi Hamzah: 081252443707

4. Ust. Makki Lazuardi: 085815102755

About these ads
Categories: Kampus, Tarbiyah | 55 Komentar

Post navigation

55 thoughts on “Info Beasiswa Universitas al-Ahgaff 2010-2011

  1. Akmal Hidayatullah

    saya sangat ingin sekali bisa kuliah di universitas yaman

  2. henry

    Aslkm wr wb,,,
    Adakah ksmptan buat ana study ke yaman???
    Ana lulus SMU thn 2003,
    Alhmdulillah,ana bersyahadat thn 2008 n bljr ttg islam n b. arab d thn yg sama.
    Ana sgt ingin bisa mlnjutkan study ke timteng.
    Jazakumullahu khairan katsiran,wsslm wr wb.

  3. atri

    assalamualaikum ust, ana tamatan smk bisa nggak ikut tes,ana ingin kuliah ke yaman ustadz and nggak ada dasar ust wassalam.skrn jawabannya.

  4. ridho

    assalamualekum.
    saya santri asal demak, apakah masih bisa untuk ikut tes lagi, pak.masih bisa di usahain ga pak
    karena saya ingin sekali belajar disana.
    terima kasih atas bantuannya

  5. Abdulloh Rohis Musyaffa'

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wbarokatuh
    nahmaduhu wanusallimi wanusholli alaih. amma ba’du.
    mohon ma’af, saya mau tanya ttg pengumuman hasil tes beasiswa al-ahgaff 2010-2011 sudah keluar atau belum mohon dikonfirmasi.

    wassalamu’alaikum warohmatullohi wbarokatuh

  6. pengumunannya di blow-up kapan, ustadz??

    saya ikut ujian qabul di Lasem.
    dan situs yang perlu dikunjungi untuk menengok calon beasiswan yang diterima dimana, ustadz??!!

  7. wahyu

    mang pengumumannya tuch kapan?

  8. agil ibrahim basyaiban

    pengumuman tes untuk ajaran 2010-2011?

  9. nur hidayah

    assalam ustadz,as al ‘an i’lan seleksi.

  10. faishol

    ass.ustad saya ingin tahu yang lulus tes boleh kan?

  11. saya bingung nyari hasil pengumuman tes kemarin ko belum keluar-keluar ya,,,,
    kalo sudah ada tolong kasih tau ane yeeeee….
    syukron…….

  12. Pengumuman Seleksi kapan ?

  13. badrun

    ust. hasil tes yang sekarang kapan di umumkan? syukron

  14. kami tunggu pengumumannya….

  15. akhukA arif

    assalamu’alaikum,akh,,,
    mw tnya,pgmuman hsil sleksi kmren kq lum kluar??
    lw uda ada hasilnya ,tlong cpet d muat ya…
    syukron,wslkum.

  16. aris

    assalamu alaikum WR.WB
    ustad pengumuman yang di trama di al ahgaff university,katanya tanggal 5 juli,tapi tak cari g ada di internet,emang d alamat apa ustad………..???/

    wassalamu alaikum WR.WB

  17. Assalamualaikum….

    Ust. Saya sekarang masih kuliah di Indonesia, menyelesaikan S1. Insya Allah tahun ini sudah selesai. Usia saya 26 tahun di tahun 2010 ini. Saya ingin sekali belajar di Yaman. Apabila bisa, saya ingin masuk ke S2, namun persyaratannnya dan kapan waktunya saya beluam mengetahui. Apabila tidak, saya ingin belajar (ngaji) saja di pesantren yang ada di Yaman, namun ini saya juga belum mengetahui syarat-syaratnya, dan waktunya, semisal di Habib Salim, Habib Umar. Mohon informasinya ya, Tadz? Terimakasih….

  18. m.taufan

    asslamu’alaikum tadz…
    persyaratan bg yang lulus kmarin apa aja ya…
    klo transfer uang jga…
    lembaran saya hilang

  19. assalamualaikum..
    aku akhiz…
    aku ingin dan punya cita2 dapat kuliyah di yaman…
    tapi sekarang belum bisa karena masih kurang persiapan mungkin 3 tahun lagi..
    dan saya baru lu2s tahun 2010 ini…
    mungkin tips2 supaya saya bisa lolos seleksi bagaimana caranya ..
    terima kasih..

  20. Amin Ihsan

    ASSALAMU’ALAIKUM…. SEMOGA ALLAH MERAHMATI PARA PENERUS + PEJUANG AGAMA ALLAH….Semoga Allah memberi kemudahan buat anak saya untuk bisa mendapatkan beasiswa diUniv Al ahqaff,walau kami hanya jadi tki/sopir di KSA…Amin.Ya Robb.Insya Allah..wsalam.

  21. muhammad zamroni

    apakah ada biaya geratis kesana?

  22. dede st.julaeha

    assalamualaikum…afwan….klo dr cirebon k siapa????klo ust.zainal muttaqin tu dr cirebon bkn???klo dr cirebon..dmn???

  23. assalam…….
    Aku pengen tanyak beasiswa tahun masih ada ya ? kalau mang ada d mana? dan kpan waktunya ?

  24. Assalamu’alaikum,akh,..
    sy mw tny ustd sleksi dilaksanakan bulan apa??
    apakah di cirebon ada seleksi?
    syukron,wslkum,..

  25. tsuaibatul islamiyah

    assalamu’alaikum….ust kalo untuk tes di cipayung tahun 2011 ini masih dibuka g?

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, wah saya kurang tau ya soalnya bukan panitia afwan skali :D

  26. syaifullah

    askum….
    ustad,,informasi seleksi yag buat tahun 2011-2012 ke ahgaff kapan????
    tolng di informasikan secepatnya..krna saya ingin skali kuliaah disana..
    ana arju jiddan lii i’laannya ya ustad…
    syukronn!!!

  27. syaifullah

    ustad,mau tanya seleksi tes di bangil jawa timur kapan untuk tahun 2011?
    tolong infonya ya ustad…
    secepatnya kalau bisa.
    syukron katsirr….

  28. asl mkum…
    usta… ane dari lulusan man2 serang thun 2010, ane dari serang..
    pengen ikut seleksi di yaman januari ini tapi tempat pendaftaran dan tesnya kira-kira pling dekat dimana yah(*9daerah domisili serang ada gk?)..??

  29. farid a s

    assalmualikum ya ustadz ……………… tad untuk informasi beasiswa tahun ini ( 2011 ),kok belum ada di situs ya ustad.?sekian tad syukron katsir ………………… mohon di jawab

  30. ahmad ma'mun

    assalaamu’alaikum…
    ust, ana bru Lu2s SMA THN 2010. Ana ingin sekali memperbaiki diri ana pribadi untuk menjadi lbh baik lg..
    ana ingin sekali mendalami islam..
    skrg ana msh sekolah tahfidz, adakah kesempatan untuk ana masuk ke universitas di yaman? sedangkan ana belum bisa bahasa arabnya..

    syukron.. wassalaamu’alaikum

  31. laila junia

    assalamu’alaikum
    ana pengen study di yaman tp ana blum bisa baca kitab.
    bisa gk ya ana lulus?

  32. locis

    assalaamu’alaykum…
    minta info belajar di tarim(bukan di jami’ahnya hanya di ma’hadnya sja)…
    syukron…

  33. alya

    assalamu’alaikum!!! pengumuman tes untuk tahun ini kapan turunnya??? apa lokasi tes dan materi nya sama??? syukron.. wassalam.

  34. muhammad syafi'

    apa saja tes masuk universitas yaman?
    Kapan tes Untuk daerah lasem,jawa tengah tahun 2011?

  35. Assalamualaikum ust, ana sangat ingin sekali menuntut ilmu diyaman cuma,nilai rata2 ijazah sma ana kurang dari 7,0 tapi, insyaallah ana sudah punya bekal kesana melalui pelajaran diniah di pondok ana , boleh apa tidak? jazakumullah ahsanal jaza’, assalam…!

  36. hardianfajrul

    assalamualaikum Wr. Wb

    Ya ustad maa syuurutu yadhul ila jamiyati AL-Ahqoff.ajib anil masalati sabikoh
    antajirulyauma, syukron kabiir jazaakumullah

    Min :madrosatil aliyah hukmiyah leuwiliang

  37. assalam… ustadz, ke yaman apa harus pake ijazah negri??
    ijaza ma’had bisa gak??
    ana cuma punya ijazah Madrasah Aliyah Islamiyah PP. Nurul Yaqin…

  38. assalammualaikum……mau tanya informasi kelulusan ke universitas Al-Ahgaff yaman????????
    pengetesan di pesantren dolo PALU sulawesi tengah

  39. afwan klw untuk pendaftaran2012 kapan dimulainx soalnx tahun kemarin ngga,dapat info……syukron

  40. hubbillah

    assalamu’alaikum.
    maff sya mw bertanya untuk fakultas pr ,apakah ada fakultas bhs selain bhs arab?

  41. Mar'ah Sholihah

    Assalamualaikum wr.wb
    ustadz…..apa masih bisa seorang santri yang rata2nya d bawah 7.00,mengingat saat ebta ada udzur syar’i dan masalah kemampuan bisa dijamin insyaAllah……
    syukron

  42. Assalamualaikum !
    Saya santri yang lulusan sma ……….
    apakah masih ada tes tahun ini lagi ?
    klo adas tolong kasih informasinya ……
    saya dari pp. riyadlul jannah pacet mojokerto ?

  43. ahmad ghazali

    assalamu’alaikum,,,
    persyaratan beasiswa al ahgaff ap aj????
    apa saja yang diujikan????

  44. Abdul Muiz Ghozali

    Bisimillah..
    Ilahi Robbi Ballighny ilal yamani li ta’allumi bijahi khoiril anami, Balligh robbi ilaha bibbarkati Bismiillahirrohmanirrohim, antaghfiro bihaddzunub watashliha bihal qulub wataksyifa biha hujubal ghoyahib ‘anny waj’alni min ‘ibadikassholihin, wawafiqni lidzikrika waasta’inu ilaika aladdawam bijahihi ‘indaka ya asro’al hasibin waya arhamarrohiminn, waannallaha yaghfiruddzunub wasahilul mathlub bijjahi habibil mahbub Muhammad Shollallahu ‘alaehi wa’ala alihi wasallam.. bisirril Fatihah..

  45. fairuz

    15 juta….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.223 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: