PROFIL SINGKAT UNIVERSITAS AL AHGAFF REPUBLIK YAMAN*

PROFIL SINGKAT UNIVERSITAS AL AHGAFF  REPUBLIK YAMAN*

Peresmian: Universitas al Ahqaff didirikan oleh al `Alim Hb Abdullah bin Mahfud Al-Haddad, prosesi akademisnya resmi dimulai setelah mendapatkan surat keputusan menteri pendidikan Yaman nomor: 05/1994. Diusianya yang masih cukup muda, universitas ini telah diakui keberadaannya oleh persatuan universitas arab (al Ittihad al Jami’at alArabiyyah) sebagai bagian dari keanggotaannya.

Tujuan: Didirikannya universitas ini sebagai langkah nyata dari ide-ide cemerlang yang mengkristal dalam satu tujuan utama, yaitu membangun sarana pendidikan islam yang bonafid dan berkualitas bagi masyarakat muslim dunia dengan pola pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang prospektif dan mempuni dalam segala aspek kehidupan berasaskan ruh islami serta penyebarluasan faham keagamaan berhaluan ahlus sunnah wal jama`ah.

Kantor Pusat : Universitas al Ahqaff berkantor pusat dikota Mukalla ibu kota propinsi Hadhramaut Republik Yaman. Segenap komponen yang dimilikinya, seperti gedung fakultas, language center atau gedung persiapan mahasiswa baru dan gedung rektorat, semuanya berada di kota yang terletak diujung semenanjung Arab tersebut. Hanya gedung fakultas syari’ah wal qanun saja yang berada di kota Tarim, hal ini sengaja dilakukan demi terwujudnya pendidikan syari’ah yang tidak berpusat di bangku kuliah belaka, namun langsung bersentuhan sacara alamiah dengan bi’ah (lingkungan) yang mendukung kearah kesempurnaan hasil pendidikannya, mengingat kemasyhuran kota Tarim sebagai kota ilmu dan ulama. Alasan lain ditempatkannya fakultas syari’ah wal qonun terpisah dengan induknya, diantarnya, karena faktor kultur sosial masyarakatnya yang sangat mendukung sekali untuk dijadikan tempat tafaqquh fid din, pun juga kerena faktor sejarah, yang telah memotivasi ditempatkannya fakulas ini di kota Tarim. Sebagaimana yang telah kita ketahui  bersama, bahwa dari kota Tarim inilah, Islam diberbagai belahan dunia, seperti Asia dan Afrika  bisa menyebar dan berkembang dengan pesat, berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berdakwah menyebarkan agama Islam.

Fakultas & Masa Perkuliahan: Masa kuliah di universitas al Ahqaff secara umum dapat ditempuh normal selama sepuluh semester  (lima tahun) dan maksimal tujuh tahun, hal ini berlaku untuk fakultas sya’riah wal qonun, fakultas sastra dan fakultas kajian islam. Adapun fakultas tekhnik, fakultas ekonomi, serta fakultas ilmu dan teknologi maksimal delapan tahun.

Waktu Kuliah: Waktu kuliah dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at, mulai pukul 08.00 WY. sampai pukul 13.00 WY., adapun jadwal mata kuliah, bersifat kondisional sesuai ketentuan pihak fakultas masing-masing,  terkadang fakultas tertentu memasang jadwal kuliah sore hari atau malam hari sesuai kondisi dan dzuruf tertentu.

Bahasa Pengantar Kuliah: Secara umum bahasa pengantar kuliah adalah bahasa arab, tetapi bukan satu-satunya bahasa yang digunakan universitas ini. Dalam ketetapannya, majelis universitas sebagai dewan tertinggi universitas al Ahgaff memperkenankan penggunaan bahasa non Arab pada sebagian mata kuliah selain ilmu agama, sebagian mata kuliah fakultas tertentu menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Program Magister & Doktoral: Untuk melengkapi jenjang strata akademisnya, universitas al Ahgaff telah membuka program magister (pasca sarjana/S2) dan program doktoral (S3) dengan konsentrasi Dirosat Islamiyah, bertempat di kota Mukalla. Namun demikian, program ini masih dalam proses penyempurnaan akreditasi oleh Pemerintah Republik Yaman. Semoga Allah Swt. mempermudah tahapan akreditasnya. Amin, Ya Rabbal  `Alamin.

PROFIL FAKULTAS SYARI`AH & QANUN UNIVERSITAS AL AHGAFF

Fakultas: Fakultas syari`ah & qanun adalah fakultas favorit yang dimiliki universitas al Ahgaff yang berkantor pusat di  Mukalla, ibu kota propinsi Hadhramaut  Yaman. Walaupun jarak tempuh dari kantor pusat ke kota Tarim, tempat fakultas ini berada berjarak ± 350 km. namun para pendiri universitas bernomor SK menteri pendidikan Yaman; 05/1994 yang dikeluarkan pada tanggal 27 Sya`ban 1414 H./08 Pebruari 1994 M. telah bersepakat mendirikan gedung fakultas yang satu ini di lingkungan masyakat yang memiliki karakteristik khusus, kota Tarim. Pilihan Tarim tersebut terkait erat dengan posisi geografisnya yang cukup kondusif untuk mewujudkan tujuan para penggagas fakultas yang  bertempat di kota asal muasal “wali songo” itu.

Tujuan: Fakultas yang mayoritas mahasiswanya berasal dari Indonesia ini, bertujuan memadukan sistem pendidikan salaf, layaknya pondok pesantren di Indonesia yang merupakan ciri khas kota berjuluk “seribu wali” tersebut dengan sistem pendidikan kampus. Upaya tersebut diperkuat dengan proses suiteble (kompromisasi) materi kuliah yang ditetapkan dalam silabus fakultas syari`ah, serta penggunaan metode pengajaran dan selektifitas para dosennya. Secara global, fakultas ini dapat didiskripsikan ke dalam dua orientasi sebagai berikut:

1. Salafis Oriented

·Materi  yang digunakan                          :   Kitab-kitab karangan ulama salaf.

·Target Metode pengajaran                      : Mengupayakan setiap mahasiswa dapat menguasai materi yang diajarkan serta memahaminya secara kalimat per kalimat (tekstual-skriptual, dirosah nashshiyyah).

·Dosen pengajar                                       : Para dosen difakultas ini terdiri dari Masyayikh Tarim dan sekitar, diantara beliau ada yang menjabat sebagai mufti dan sebagian besar merangkap sebagai pengajar di Ribath Tarim.

Materi-materi yang termasuk dalam salafis oriented ini, adalah materi-materi yang harus betul-betul dipahami secara mendetail oleh mahasiswa fakultas syariah, penekanan materi salafi ini bertumpu pada ushul fiqh dan fiqh madzhab Imam Syafi`i radiyallahu anhu. Dosen unggulan yang berhaluan salafis oriented ini adalah Syekh Muhammad bin  Ali al-Khothib, gurunya para guru di Ribath Tarim. diantara keunggulan beliau adalah, ketika ditanya suatu hukum, beliau menjawab secara spontan seraya menyebutkan referensi jawabannya dikitab tertentu, juz sekian, halaman sekian, ketika dicek pada kitab yang beliau sebutkan, jawaban tersebut cocok secara tekstual sebagaimana  yang termaktub, tanpa ada bias dan perbedaan mendasar.

2. Mu`ashirah Oriented

·Materi yang digunakan                           :  Kitab ulama kontemporer (Mu`ashirin).

·Target & Metode pengajaran                  : Dosen hanya menjelaskan kesimpulan suatu judul tertentu yang ada dalam buku, tanpa mengulas secara mendetail kalimat per kalimat.

·Dosen pengajar                                       : Terdiri dari insan akademis strata magister dan doktoral kualifikasi dalam dan luar negeri.

Materi-materi yang termasuk dalam mu`ashirah oriented ini, adalah materi skunder yang bersifat pengenalan atau sebagai materi penyempurna wawasan keilmuan yang termasuk kategori salafis oriented, seperti: Tafsir Ayat Ahkam, Hadits Ahkam, Fiqh Lintas Madzhab (Muqoron), Maqashid Syari`ah, Iqtishad Islami (Perekonomian Islam) dan Qanun Yamani (undang-undang negara Yaman). Universitas al Ahgaff yang kini dipimpin al`Allamah al Mufakkir al Islami Prof. Dr. Habib Abdullah Baharun, alumni Universitas al Azhar, Mesir dan Universitas Antar Bangsa, Malaysia itu, mempercayakan kepemimpinan fakultas syariah dan qanunnya kepada Dr. Muhammad Abdul Qadir al Idrus sebagai Amid Kuliyah Syari`ah (Dekan Fakultas Syari`ah), Doktor muda alumni Universitas Baghdad Irak yang sempat menjadi Na`ib Amid itu, adalah putra asli kelahiran kota Tarim.

DAFTAR DOSEN TETAP FAKULTAS SYARI`AH & QANUN

1.Dr. Muhammad Abdul Qadir al Aidrus, MA.

2.Dr.Izzuddin

3.Syaikh Muhammad bin Bashri Assegaf

4.Syaikh Muhammad Ali Baaudhan

5.Dr. Amjad Rosyid al Maqdisi

6.Syaikh Muhammad Ali al Khotib

7.Syaikh Ahmad bin Salim bin `Aqil

8.Dr. Abdullah bin Muhammad bin Syihab

9.Syaikh Alwi Abdul Qadir al Aidrus, MA.

10.Syaikh Abdullah Abdul Qadir al Aidrus, MA.

11.Syaikh Abdurrahman Thoha al Habsy, MA.

KOMPOSISI MATA KULIAH FAKULTAS SYARI`AH & QANUN

Secara umum mata kuliah fakultas ini terdiri dari materi keagamaan dan disiplin ilmu-ilmu hukum ketata-negaraan yang berlaku dan diterapkan di Republik Yaman, namun perimbangan prosestasenya kurang signifikan. Berikut ini diantara disiplin ilmu syari’ah yang menjadi mata kuliah di fakultas ini adalah: Fiqh Madzhabi, Fiqh Perbandingan Madzhab, Ushul Fiqh, Tarikh Tasyri’, Ahwal Syahsiyyah, Ulumul Qur’an, Maqashid Syari’ah, Ayat Ahkam, Hadist Ahkam, Nahwu, Lughat Arabiah, Mantiq, Balaghah dan lain sebagainya. Sementar kajian fan hukum ketata-negaraan yang memiliki substansi syariat adalah: Madkhal Qanun, Qanun Madany, Qanun Uqubat, Qanun Iltizamat, Qanun Dustury, Qanun Dauly, Qanun Murafa’at dan lain sebagainya. Selain itu, fakultas ini juga mengakomodir beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan keilmuan yang telah disebutkan, diantaranya: Iqtishod Islami (ekonomi islam), al Uqud al Musamma, al Maliyyah al Ammah dan Ilmu Ushul Bahats.

DAFTAR SILABUS (MUQARRAR) PER SEMESTER

FAKULTAS SYARI`AH & QANUN

·Semester I.

Ru’us Masa’il (Yaqut al Nafis, Ibadat dan Mu’amalat), Nahwu (Mutammimah), Aqidah (Durus Tauhid), Qur’an (Syafawi Qira’at Abi a`Amar riwayat Duriy) Ilmu Mantiq (Idhahul Mubham), Lughah Arabiyah (Imla’ dan Tarqim), Madkhal Qanun Yamani (Pengantar Dasar Perundang-undangan Yaman), Tarikh Tasyri’ (karya, Dr. Ali Thaha Rayyan).

·Semester II.

Ru’us Masa’il (Yaqut al Nafis, Munakahat dan Jinayat), Fiqih Madzhabi (Minhaj al Thalibin, Ibadat), Nahwu (Syarh Ibnu Aqil), Qur’an dan Tajwid, Ulum Qur’an (Mabahits fii Ulum Qur’an karya Manna’ al Qatthan), Musthalah Hadits ( Attaqrib,  karya Imam Nawawi).

·Semester III.

Fiqih Madzhabi (Minhaaj al Thalibin, Mu’amalat), Usul Fiqih (Madkhal fii Usul Fiqh, karya Abdullah Aslam al Syinqithi), Nahwu (Syarh Ibnu Aqil, bab Ibtida’), Qur’an dan Ulum Qira’at (Raudhah al Jannat fii Ulum al Qira’at), Fiqih Sirah Nabawi (karya, Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan al Buthi)

·Semester IV.

Fiqih Madzhabi (Minhaaj al Thalibin, Munakahat), Usul Fiqih (Lubbul Usul, Muqaddimah), Nahu (Syarh Ibnu Aqil, Maf’uul Bihi), Ayat Ahkam (Ayat al Ahkam, karya al Sayis), Ahadits Ahkam (Subulus Salam, karya Shan`ani Syarh Bulughul Maraam), Qanun pidana (Syarh Qanuun  al Jara’im wa al Uqubaat).

·Semester V

Fiqih madzhabi (Minhaaj al Thalibin, Jinayat), Usul Fiqih (Lubbul Ushul, kitab awal), Faraidh (Takmilah Zubdah al Hadits fii Fiqh al Mawaarits), Nahwu (Syarh Ibnu Aqil, Shifat Musyabbahah bil Fi’li), Ayat Ahkam (Ayat al Ahkam, surat Ali Imran), Ahadits Ahkam (Subulus Salam, kitab Syarat Shalat).

·Semester VI.

Fiqih Muqaran (karya dosen), Usul Fiqih (Lubbul Usul, bab al-Am), Nahu (Syarh Ibnu Aqil, bab Nun Taukid), Ayat Ahkam (Ayat al Ahkam), Ahadits Ahkam (Subulus Salam, bab Jum’at), Qanun Iltizamat.

·Semester VII

Fiqih Muqaran, Usul Fiqih (Lubbul Usul, bab Qiyas), Nahwu dan Sharaf (Syarh Ibnu Aqil), Ayat Ahkam, Ahadits Ahkam, Qanun Maliah, Haasuub, Usul Bahst.

·Semester VIII-X

Balagah (karya dosen), Qawa’id Fiqhiyah (karya dosen), Maqasid Syari`ah (karya dosen), Ahwal Syahsiyah, Uquud Musammah, Qanun Murafa’at, Qanun Dustur, Nidzam Siyaasi, Ekonomi Islam (al Nidzam fii al Iqtishad al Islami). Bahst Takharruj (Skripsi), Hifdz Qur`an 10 Juz.

Keterangan: Daftar silabus ini, bukan ketentuan pasti, tetapi hanya sebagai acuan awal sebagaimana yang telah digunakan fakultas ini dalam proses perkuliah selama beberapa tahun sebelumnya. Dalam setiap semester sangat mungkin adanya perubahan penempatan, penambahan atau pengurangan mata kuliah tertentu.

*Disusun oleh Forum Mahasiswa Indonesia al Ahgaff  (Formil)

NB: dengan telah dibukanya jurusan syariah (sebelumnya hanya membuka jurusan syariah wal qonun saja) maka mata kuliah pun ada pembaharu, namun demikian saya blm smpat meng-up date untuk saat-saat ini. mhon maaf atas segala kekurangan nya.

About these ads
Categories: Kampus | 184 Komentar

Post navigation

184 thoughts on “PROFIL SINGKAT UNIVERSITAS AL AHGAFF REPUBLIK YAMAN*

  1. salman

    wah aku pengen dunk ke sana caranya gmn?

  2. teni abdul matin

    assalaamu’alaikum…
    untuk waktu pendaftaran dilaksanakan bulan apa?…
    dimana tempatnya?…
    hal yang harus di siapkan apa aja?…
    jazakumullah.

    • ibnmaknun

      Alaikumsalam wr. wb.
      Jazakallah atas kunjungannya, untuk waktu pendaftaran bisa langsung dikonfirmasiken ke al-Ustadz Hasan al-Jufri
      Pondok Pesantren Jaga Satru Cirebon 45115 Jawa Barat Indonesia.
      Telp : (0062) (231) 237620 Fax:: (0062) (231) 237620 HP.: 08122212000

      untuk tempat tahun 2008 kemaren ada tiga lokasi salah satunya di Lasem Jateng, antum bisa kok konfirmasi lagi pada beliau al-Ustadz Hasan al-Jufri

      untuk persiapannya yang paling penting adalah kemampuan untuk membaca literatur bahasa Arab gundul,
      yang sudah-sudah kita diminta:
      1. membaca kitab Fathul Qorib (Fiqih).
      2. tes tathbiqiy Nahwu (rekomended baca kitab Mutammimah al-Jurumiyah).
      3. Insya’ wal Muhadatsah.

      demikian semoga bisa bermanfaat.

  3. nur aini hamdani

    ehm jd pengen..
    salam wat da saf n ulvia

  4. assalaamualaikum wr wb
    de, mo nanya, adeku kan pengen aku daftarin kesana. itu pake ijazah apa ya? aliyah, ato gimana? ada hapalan quran minimal berapa? apa aja syarat lengkapnya. masuk bulan apa? tolong ya de..
    no HPku 085647009936
    akur
    wassalaam

    • ibnmaknun

      alaikumsalam wr wb
      Ahlan akur kita kemaren pake ijazah aliyah, udin juga gitu. untuk hafalan pas tes tidak disyaratkan kok cuman nanti pas kuliah syarat kelulusan kita diwajabin menghafal 10 juz, untuk syarat2 lengkap bisa antum hubungin ust. Hasan akh, beliau ini mandub resmi dari Jami’ah Al Ahgaff di Indonesia, biasanya tes penerimaan bulan Mei. kami tunggu yah…

  5. fadli hudaya

    assalaamu’alaikum wr wb
    akh Ibnu Maknun, melihat Blog ini kayaknya ntm lulusan PPMI As-Salaam ya?lulusan tahun berapa?kbetulan ane lulusan As-Salaam Surakarta dekat kampus UMS.alhamdulillah bs ktemua alumni yg kuliah di Yaman berarti silaturahim ini bisa berlanjut krn ane mau banyak tanya2 nih.Dulu Ustd.A.Rosyidi nunjukkin kuliah ke Timur Tengah hanya Al-Azhar belum yang lain spt Yaman,krn stlh kuliah di Jogja ane melihat perbedaan kedalaman ilmu lulusan Al-Azhar Mesir dengan Yaman kayaknya lebih nonjol baiknya dari Yaman.ane ada ketertarikan nglanjutin.apa ada batas umur kuliah di sana?berapa biaya selama hidup?apa email antum?

    • ibnmaknun

      Alaikumsalam, jazakallah akhi fadli yang saya cintai fillah. na’am ana alumni Assalaam yang sekarang sedang study di al-Ahgaff. ana angkatan 2003 akh malah adik kelas bukhari,silakan aja antum hub ust Hanif di ma’had semoga beliau bisa membantu

  6. assalamualaikum………….aq mo tanya klo di indonesia dah lulus ujian sleksi,apakah di sana di tes lagi?

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, ahlan akhuna alauddinnajih kami tunggu kedatangan antum dimari. insyaAllah tidak ada tes lagi yang saya ketahui, jadi antum bisa langsung ikut aktif dikuliah. mabruk yaa

  7. mohamad abdus syakir

    assalamu’alaikum! Al-hamdulillah saya salah satu warga indonesia yg sangat beruntung telah mendapatkan beasiswa ke al-ahgaff yaman. ustadz saya mau tanya bagaimana pergaulan mahasiswa sesama indonesia N bagaimana organisasinya? oya tuk teman2 tinggalnya kan di asrama, bagaimana sosialisasinya dengan masyarakat sekitar? dibatasi oleh aturan yg sangat ketat apa tidak?

    • ibnmaknun

      Alaikumsalam, ahlan akhuna syakir,
      1.yang jelas pergaulan alhamdulillah sangat islami tidak ada ikhtilat antara cowok dan cewek dan kita di kuliah Tarim cowok semuanya,
      2.organisasi pelajar lingkup fakultas syariah diwadahi dalam FORMIL (forum mahasiswa Indonesia al-Ahgaff), disana juga ada org pel yang punya lingkup lebih luas yaitu PPI-Yaman (persatuan pelajar Indonesia).
      3.aturan di asrama tidak begitu ketat tidk sperti di pesantren jadi kita masih bs istifadah sama masyaikh di luar kuliah, cuma pelajarannya agak ketat nih syakir, jadi misal kita gaib kuliah lebih dari 10% tanpa udzur maka kita tidak diperkenankan ikut ujian akhir semester (UAS) dan langsung her.. trus kita ujian persemesternya ada 3x yi bln pertama + bln kedua trus UAS, tapi asyik kok siapin aja mental dengan baik..

  8. Khaidir

    Slam,ana dr aceh,tk ijazh di universtas di alahgaf muadalahnya di akui untuk di indonesia akh?

  9. jihad alamsyah

    Assalaamu’alaikum…. saya alumni PPMI ASSALAAM ’98, kebetulan saya sedang sangat membutuhkan bantuan mengenai informasi perguruan tinggi di Yaman. Sekedar informasi saat ini saya aktif sebagai salah satu pengurus di Pondok Pesantren Daud Kholifatulloh, Magetan, Jawa timur. Yang salah satu program pendidikannya adalah mengirimkan santri untuk belajar di timur tengah, alhamdulillah sampai saat ini yang sudah terealisasi adalah ke universitas Al azhar, Cairo, Mesir. dan untuk tahun ini rencana pengiriman santri adalah ke Yaman. Bisa saya minta email antum ? ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. apakah ada forum alumni Assalaam di Yaman ? Saya juga membutuhkan informasi tentang Universitas Al Iman, Yaman. Jazakalloh

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, terimakasih atas kunjugan anda… sebisanya saya bantu mas, coba antum tengok di web PPI Yaman

  10. Dzikrulloh

    ane pengen kul di yaman, leh minta prosedur semua nya gk?? dari administrasi nya dan juga ada beasiswa na gk??

  11. Khaidar Azmi

    Assalamu Alaikum.
    Ustad… saya punya anak sekarang kelas VI di pesantren Dar’el-Qolam Balaraja Serang Banten. Saya pernah tanya anak saya bahwa dia punya keinginan melanjutkan ke Al-AHGAFF University di Yaman. Saya sedang mencari informasi mengenai Al-AHGAFF University tersebut. Saya mohon informasi bagaimana caranya saya mendaftarkan anak saya tersebut ? Dan saya baca di Republika bahwa tahun 2009 ini, sebanyak 160 mahasiswa Indonesia kuliah di sana, dan dapat beasiswa dari pemerintah Yaman. Saya senang sekali bila anak saya juga dapat kesempatan kuliah di sana, mohon informasinya Ustad. Syukron.
    Wassakam ww.

    • ibnmaknun

      Alaykum salam.
      ahlan wasahlan terimakasih atas kunjungnya bapak :)
      perlu diralat beasiswa kami bukan dari pemerinta Yaman akan tetapi langsung dari Al-Ahgaff. untuk info lebi datailnya bapak bisa menghubungi mandub resmi Al-Ahgaff yaitu Habib Hasan al-Jufry di Cirebon. alamatnya bisa dilihat di postingan saya tentang petunjuk prakstis perkuliahan

      Wassalaamu’alaikum

  12. Rabbani Rizqi Fadhila

    assalamualaikum wr.wb
    ane santriwati PPMI Assalaam Solo, skrg mash kls X MA .
    ane mw tanya2 tentang cara masuk k univ. al-Ahgaff Yaman melalui beasiswa .
    persyaratannya apa saja ?
    dan ane jg minta saran dari antum .
    syukron katsiron

    ——————-

    • ibnmaknun

      wassalaamu’alaiku wr. wb.
      ahlan wasahlan, terimakasih atas kunjungannya, alhamdulillah jika ada calon alumni Assalaam almamater pesantren saya. perlu antum ketahui bahwa sampai saat ini belum ada (sepengetahun saya) alumni putri yang mengikuti jejak kami, untuk syarat-syaratnya bisa antum baca sendiri di posting saya. mhon dipersiapkan dengan sebaik-baiknya bagus lagi untuk memulai hafalan quran sebisanya. untuk konsultasi bisa hubungi Facebook saya (adems1405@gmail.com)

  13. Fathimah azhariyah

    Aslm,adk sya ad yg dsana namany maryam zulaiha,mhn smpaikn k dy surh hubungi umyny krn smpai skr blm ad kbr,sy kakakny mhn smpaikn y,sukran

  14. Fathimah azhariyah

    mhn benr2 dsmpaikan y,dia dr ponorogo.jawatimur,putri dr kh. Muhmad ma’shum yusuf,sukran,dia ank yg bru sj brangkt dr indo tnggl 8 sept

    • ibnmaknun

      Wassalaamu’alikum wr. wb
      ukhti fillah, mohon maaf saya tidak bisa menyampaikan pesan jenengan. tempat kuliah putri terpisah dari kuliah putra (kira-kira 6 jam an) namun ada pengasuh nya juga kok disana, mungkin antum bisa hubungi ust Faiz (fanzy_nur@yahoo.com)

  15. ustadz,klo dr ijazah diknas bisa tes g?

  16. klo mo k’yaman g tes al quran kan??
    tyuz,mulai tesx kpn?

    • ibnmaknun

      tidak ada tes alqur’an setahu ana, tapi pas masuk kul ada kewajiban ngapal quran 1-10

  17. assalamualaikum.tesx di medan masih ada ya.

  18. Bahruddin

    assalamu’alaikum akhi… ana kls 3 ‘aliyah, ana mau kuliyah di Yaman, ana mhon bntuan informasi bwt kuliyah di sana akh…. ana mhon bgt…. syukron akh, jazakallah khoiron katsiron…
    wassalamu’alaikum

  19. oyik kelana

    Alangkah baik dan lengkapnya jika anda berkenan memuat semua teman teman yang kuliah di ahgaff dan selalu memberi tahu perkembangannya baik hasil setiap semester, biar keluarga di Indonesia bisa mengakses perkembangan anak anaknya yang sedang berada di alahgaff sebab ini sangat penting. orang tua tidak dapat mengikuti perkembangan anak anaknya secara langsung karena kesulitan mendapatkan informasi seputar kegiatan anak anaknya di sini.

    • ibnmaknun

      terimakasih atas sarannya, semoga ini bisa terealisasi pak.. tapi kalu secara umum teman2 disini rajin2, karena tuntutan dari kuliah dan tanggung jawab moral juga. doakan kami selalu pak…

  20. afrian

    aslmkm akh, ane pengen nny ni, insya Allah kan ane pengen ikut tes ke yaman thn dpn, gmn atuh di sana, bs cerita seputar al agaf???

  21. ainun

    assalamualaikum ya akhi,
    saya mau tanya, adakah dosen dari Indonesia yang ngajar di sana? dan kalaupun misalnya ada, apakah dengan rekomendasi dari dosen tersebut kita bisa lebih mudah masuk? terima kasih
    wassalam

  22. mila FS

    assalam…

    ana nak las 3 alyah,,
    ana pingin banget kulyah d yaman..
    ana mohon bantuan informasinya wat kul. d sana.

    ana low mw nyari informasi lewat mn ya??
    ana mohon akhi mnt bantuanya tuk kul,yaman..

    syukron..

    wassalam..

  23. mila Fs

    assalam,,

    akhi,ana kelas 3 aliyah,ana pingin kul.yaman,,
    ana mw ty,,apa aja yg harus di persiapkan tuk kul.k sana??
    materi ujian dll..

    mohon bantuannya..

    syukron,,

    wassalam

  24. khi ana mau tanya bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa ke sana?
    bagaimana kabar mahasiswa indonesia yang belajar disana?
    apa saja syaratnya untuk pergi kesana?
    Sukron Katsir KHI……..

  25. fitra wahyudi

    kapan mulai ujian untuk test ke yaman?maksudnya tanggalnya

  26. assalamualaikum wr.wb
    paraustadz yang saya muliakan semoga dalam lindungan allah yang mempunyai99nama yang baik
    ustad kalau lulusan dari smk bisa ikut beasiswa n untuk 2o11 kapan d laksanakan tes dan d mana tolong kasih denah lokasi yang tepat. jazakumullahuahsanal jaza
    wassalamualaikumwr.wb

  27. alustadz kalau boleh kta,aruf sama ustadz demiterjalinya ukhuwah islam yang baik alathar boleh minta no hp ustad-ustadz,saya ingin belajar mengenai islam dengan islam yang sebenar-benarya mngkin alahgaf salah satu tempat nya.jagi saya minta ustad bisa atau mau membimbing saya.syukron.

  28. bayu.an

    assalamualaikum,
    afwan ya ustadz,,,,,,,,,
    ana ank kelas 3 aliah, ana mau bget k yaman mhon bntuannya ya ustadz,,,,
    wassalam,

  29. oh gtux akhi..
    klo program beasiswa mslah visa to pemberangkatan tu dah d’urusin dr sanax to mslah visa ngurus sendiri?
    syukron….

  30. hilmy mubarok

    Assalamualaikum..
    Semoga Ustadz dalam keadaan shat dan tak lepas dr perlindungan Nya,
    Tadz, ana santri kls III Aliyah dr Ponpes Al-Ihsan Baleendah, alhamdulillah ana pnya kurang lebih hafalan 2 juz Al- Quran, ana ingin nerusin study ana ke Yaman, ana mau nanya, kapan waktu penyeleksian bwt tahun 2010?
    Mohon Bantuannya..

    • ibnmaknun

      alaykumsalam, jazakallah khair atas doanya mg tahun depan bisa langsung kul di ahgaff

  31. Ryzqya

    Assalamualaikum,ana salah satu pesdik di MA, kl mau ksna kira2 apa saja yang harus dipersiapkan? ada tes hafalan Al-Qur’an apa tidak? kalau ada brapa juZ?

  32. Maula

    Assalamualaikum,
    Akh, saya peserta didik kls XII MA. Kalau mau ke Al-Ahgaff apa saja yang harus dipersiapkan? untuk tahun ini pendaftarannya dibuka kapan dan persyaratannya apa saja? Syukron,,,
    Wassalamualaikum,,,,,

  33. ohnya klo mo daftar d’cirebon tu minta contack personx ma cyp?
    dan berapa no tlp?

  34. rafli

    assalam…akh bagaimana proses mendapatkan visa pelajar dengan cepat dan mudah untuk kuliah ke yaman ???mohon bantuannya syukran jazakallahu khairan

    • ibnmaknun

      alaikum salam, untuk visa pelajar ya mas..
      afwan ni ana juga krg ada pngalaman

  35. ass_cum….
    ni zakiyah,
    salamnya to m’ ida safitriani.
    gimana ni punya kabar disana?
    do’ain ya m’ moga ntar q bisa lulus tes nya.
    alumni al_mahrusiyah kediri

    • ibnmaknun

      alaikumsalam…
      jazakallah khair buat zakiyah atas kunjungannya,
      maaf ana ndak knal m’ ida soalnya kuliah antara banat dan banin di pisah
      mg lulus tesnya ya aminn

  36. mohammad said hidayat

    Assalamu alaikum Wr.Wb
    saya sangat ingin kuliah disana, tapi sekarang saya masih kelas I Aliyah di Salafiyah Kauman Bangil. Untuk bisa kesana apa saja yang harus saya persiapkan mulai sekarang? bagaimana perkembangan disana…..

    • ibnmaknun

      alaikumsalam wr. wb.
      alhadulillah ahgaff telah banyak mendapatkan sambutan
      di tanah air,
      siapin mental dan apa2 yg bisa disiapin
      mg sukses ya amin…

  37. diya syahab

    salam kenal yaa ya akhi.. klo masalah beasiswa.. apa semua d tanggung unifersitas??? trus ana dengar dari ba`dul ashab,klo ada 1 ujian yg gk lulus hak beasiswa kt d cabut dngn kt lain kt mesti membayar sendiri biaya kuliah nya,itu betul gk?? doa`in ana biar bisa safar k sana seperti antum.
    jazakumullah khoiru jaza`.

  38. Nurul L

    assalamualaikum…

    saya santri Darul Ulum jbg,,, ingin tanya… bagaimana cara bs kuliah disana?? cz sy ingn skali kuliah di Yaman…

  39. kholil

    Asslam………..
    Akhi,untuk test masuk di Al-Ahqaf apa aja materi yang akan di ujikan dan berbentuk apa?
    trus klw nanti hasil test’a kurang bagus apakah masih tetap ada kesempatan bwt kuliah di al-ahgaf?

  40. m.abdul aziz

    insya allah jika allah mengizinkan aku akan kesana dengan modal niat ilmu yang sebenar benarya dan mengharap ridho allah

  41. mohammad

    assalamu alaikum Wr Wb.
    ana minta infonya yang akurat ya ustadz,waladi bulan Ramadlon nanti Chatam taklim Pon Pes. maunya melanjutkan ke Ahgaf bagaimana caranya agar bisa ana wujudkan cita cita waladi ustadz? atas informasi dan advis dari antum ana ucapkan sukron katsiro.bls.

  42. Udy Hariyanto

    Assalamu,alaikum Wr Wb, maaf akhi mo nanya kalo program S2nya di universitas al ahqoff ada gk ya? terus kalo ada syarat-syarat masuknya apa aja? trmksh….

    • ibnmaknun

      Alaikumsalam mas udy
      untuk program S2 ada, cm syarat2 nya saya jg krg bnyak tahu, afwan ya :)

  43. asalamukum. akhi, berapa biaya hidup satu bulan kalau kita kuliah disini? dan berapa uang semester. jazakallah.

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, biaya perbulan si tergantung mahasiswa ya… kalu sya pribadi cukuplah 50 dolar,
      soalnya akomodasi uda ditanggung semua, jadi ga ada uang semeseter paling juga bikin kartu mahasiwa
      50 ribu

  44. Ali Muaziz

    Aku mau tanya, tes diceroban ma habib hasanen kapan?

  45. ali

    يا أخي ما أنا بحاجة للحصول على الكتب أو هناك مثل الملابس

  46. heny dee

    Ascum, akhi…sa as alu ilaika ..aq obsesi bgt pgen kuliyah fi yaman, prosedurnya kaifa? ktika misal ana udah lulus ujian, biaya apa saja yg hrs ana siapkan kcuali biaya pmbrangkatan?

    • ibnmaknun

      uda ana posting tu info terbarunya….
      selain bea berangkat siapin aja 100-200 dolar unk siap2 kebutuhan sehari2
      misal beli kitab2 muqorror…

  47. ABI FAISAL

    ASSALAMUALAIKUM MAS UDY,.
    SAYA ABI FAISAL DARI KOTA DUMAI PROPINSI RIAU.,
    ADA GAK YA JURUSAN DI YAMAN TENTANG PEMBUATAN KAPAL??
    KALAU ADA, TOLONG KIRIM PERSYARATANNYA YA MAS..

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, abi faisal. saya krg tau jurusan itu
      karena di universitas saya hanya menyediakan beasiswa syariah saja

  48. aini

    aslm……
    ane min tulungagung,,,,,,
    uridu an ata’alam fi jaami’ah al-ahqaf…..
    kaifa kaifiyah li ata’alam ila hunnak??

  49. indra

    assalamualaikum.wr.wb.
    lailatuka sa’id..???
    mubasirin faqot ana ba’as’al ilaykyum…!!!
    ustd klo mau msuk univrsts al ahqaf ntar pas di sleksi..!
    apa aja yg di tes…???
    msal’y bca kitb ! nah… kitb apa..???
    trus hrus apal brapa juz al-qur’an’y…???
    di antos pissan walerana aiwah….
    mutasyakirin….

  50. irfan faqihudin al-batawie

    assalamualaikum,ya akhun kabir ,uzron .ane dari jakarta ane mondok di bekasi .ane mau nanya tentang tes ke al-ahgaff lebih sulit atau lebih mdah daripada ke al-azhar soal’nya ane punya adzam kuliah ke timur tengah .ane dah nyiapin untuk tes ke al-azhar tapi kayanya ane mau coba ke al ahgaff .syukron jaziill yeh akhun kabir

  51. zumroh najiah

    assalamualaikum,ana tilmidzah,ana baru lulus dari ponpes trus,ana pengen sekali sekolah di al-akhqof tapi, ana tidak punya biaya tuk kesana gimana ada kesempatan ta bagi ana?mohon jawab

  52. tamam

    assalamu’alaikum ya akhi fillah..
    semoga yg terindah selalu dengan akhi dan sukses selalu dalam menjalankan aktifitas..
    langsung aj.. tujuan kami, klaw boleh tau kapan pengumuman kelulusan AL AHGAFF YAMAN sebenarnya…
    sukron jazilah…
    wassalamu’alaikum.war.wab

  53. saidi

    ass,wr,wb
    akhi!!!
    ane mau nanyak ne, fakultas ushuluddin ada gk di Al-ahgaf akhi????
    syukron,

    • ibnmaknun

      ushuludin tidak ada akhi…
      yg ada fak syariah, jurusan syariah wal qonun sama syariah islamiyah

      • fahri

        aslm!!!
        akhi yg dirahmati allah,,,!
        oya akhi, bagi mereka yg ingin mendalami tafsir tau hadist, ada gk tmpt untuk bertalaqqi ditarim dg para masyayikh, smbil kuliah di Al-ahgaff akhi,
        syukron!!!!

      • ibnmaknun

        kumsalam, ada kq kl mau bertalaqi…

  54. bintu yusuf

    asslm,, wr. wb.
    akh, ana mo nanya nich,
    apakah daftar nama-nama mahasiswa yang sudah kuliah disana tidak dicantumkan pada laman ini???
    kalo misalnya bisa dicantumkan, kenapa nggak kan???
    syukran qablah,,,,,,,,
    ‘afwan ya………..

  55. saiful

    assalamu’alaikum
    izzayak akhi fil akhidah…
    ana mw nanya masih ada tidak pendaftaran untuk bulan bulan ini atau kedepannya atas informasinya saya ucapkan banyak terima kasih dan bagaimana cara ana agar mendapatkan formulir universitas disana?
    atas bantuannya ana ucapkan syukron katsiron jazakumullah katsiron

    • ibnmaknun

      alaikum salam, unk bulan2 ini sudah tidak akhi. insyaAllah tahun dpan ada lgi :)

  56. eva hamidah

    asslmkum…ust. ne sya eva, sya lulusan gontor putri, kbtulan saya ingin skli mlanjutkan kul di yaman,,kira2 ujianx kpan? dan biaya pmbrangkatanx brapa,

    • ibnmaknun

      salam, bisa lihat di postingan saya ttg syarat tes dan tempatnya, tapi itu tiap tahun kmungkinan akan berubah

  57. rina yunirna

    assalamu’ALAIKUM ..

    utk jrsan tarbiyah khusus mahasiswa putrii gmn cranya .. misalnya s2 gtu ??

    • ibnmaknun

      ukhti rina, alaikumsalam
      jurusan tarbiyah emg ada cmn unk s2 saya krg tahu :)

  58. indra

    aslmkm…???
    ya siydi sa as’al ilaykum…!!!
    ust taun depan kapan di mulai penerimaan mhsswa baru untuk pergi ke al ahgaf???
    apa saja yang harus di siapkan untuk masuk ke al ahgaf…???
    syukroOn..!!!

  59. saiful

    bgi yang dpt beasiswa apa btuh uang kperluas lain,berapa?

  60. hameed assegaf

    antum kenal ustad m ridho dari lampung??apa punya no atau e mail nya??

  61. anisah

    assalamu’alaikum,,,
    ust materi apa sajakh yg harus d.siapkan untuk mengikuti tes beasiswa ke al-ahgaf?
    dn apa sajakh yang harus d.saiapkan untuk masuk ke al ahgaf?

  62. mohammmad arief ali

    assalamulaikum…kalo boleh nanya’ kapan pengumuman adanya beasiswa universitas al-ahgaf tahun 2011-2012 untuk calon mahasiswa indonesia akan dikeluarkan…terima kasih assalamualaikum..

  63. M.Robitussurur

    assalam alikum,Maaf ni,Q mau nNya… pa bisa kalo mau kesana tpi b.arabnya blum lncar…

  64. Assalamulaikum …………..?
    slam buat kakakq yang ada d alAhghoff yaman (k’zaqi yamani ,K’ wafa )ana tolib pp. darul lughah wal karomah kraksaan probolnggo jawa timur ana pengen tahu tanggal ,bulan ,tahun tes beasiswa tahun 2011 k al_Ahghoff ?

  65. syarif

    assalamu8alaikum

    maaf ni ana numpang bertanya, klau persyaratannya yang lengkap tahun 2011 apa?

  66. chasanah

    assalamu’alaikum….
    ehm…. mohon informasinya, apa ada universitas yang khusus li mar’ah????? mengenai persyaratannya gimana???? atas informasinya, syukron jazilan,,,,,

  67. muhammad maliki

    assalamualaikum
    saya santri pesantren lirboyo kediri, punya hasrat untuk belajar di al-ahqof dan lulusan jenjang aliyah 2009.
    mau tanya ustadz ? bagaimana mendapatkan beasiswa untuk belajar di al-ahqof? apakah saya masih diterima meskipun ijasah saya sudah setahun yang lalu ? dan terakhir, berapa biaya keseluruhan untuk merealisasikan keinginan saya nelajar disana(transport & biaya lain-lain) ?

  68. ass
    ana pengen sekali ank ana kuliah disana
    kpan daptarnya apa syaratnya ana tinggal di palembang
    jika mau tes moohn informasinya
    anak ana alumni gontor 2010
    wasss

  69. pandu M Ilyas Ma'shum

    bismillah,,,,,,assalamu’alikum,,,,nama saya pandu saya duduk di kelas enam di pondok pesantren al ma’shum mardiyah, cianjur,,,saya berkeinginan sekali untuk melanjutkan study di timur tengah dan saya telah membaca profil al ahgaff,,,mohon bantuannya,,,,,,,dan sya percaya di tangan kita semua islam akan semakin maju,,,,amin,,,sukron,,

  70. balyan

    Assalamu alaikum ww

    ustd mau nanya, apakah lulusan SMA negeri bisa diterima di universiatas di Yaman? apa saja persyaratannya?

  71. assalamualaikum
    ngomong-ngomong bentar lagikan tahun 2011
    jadi saya mnta tanya untuk beasiswa tahun 2011-2012 gmna?kalo bisa tolong kirim ke emal ya
    sebelumnya trimakasih
    wassalamualaikum

  72. ass wr wb

    mas ana min ma’had lakin natijah ma’had mempengaruhi g tu???

    daftar nya blan apa aja?
    tlg di beri tau jdwalnya soalnya q jga kuliah di jawa iki?
    syukron ktsiron.

  73. Yusuf

    ana alhamdulillah lulusan fakultas Ushuluddin prodi Tafsir Hadis
    ana adalah muhibbin dzurriyah Nabi. sampai-sampai skripsi ana takhrij hadis tentang dzurriyah Nabi. mohon informasi untuk beasiswa s2 yang sejalur dengan ana terutama ulum al-hadits. no HP ana 081326406330

    • ibnmaknun

      mabruk alaikum, kbetulan di ahgaff cuma syariah dan syariah wal qonun aja

  74. husnul

    salam ‘alaik…
    beasiswa buat taun 2011 bakal ada gk?klo ada mhon informasi nya..
    syukron.

    • ibnmaknun

      salam, insya Allah ada untuk info blm keluar :)

      • rahadiansyah arief

        asslamualaikum,, alhmdulillah kalo thun 2011 akan da lge beasiswa, ada kabar dari tmen saya yang tlah da di yaman bahwa pemilihan kuliah ke yaman akan cukup sulit sebab diindonesia banyak yang minat kulaih ksana, apakah ne benar,
        waalaikum salam, wr, wb

      • ibnmaknun

        alaikumsalam, kmungkinan bgitu.. ya namanya hukum alam suatu ksempatan yg sdikit jk diperbutkan oleh bnyak org akn mjdi ketat seleksinya
        tapi jgn putus asa insyaAllah akan selalu ada jalan :D

  75. syaifullah

    info beasisw kira2 bulan apa ya ustad…????

  76. musa wardi

    assalamualaikum…
    ust, ana santri kelas VII di pesantren Nurul Yaqin, di Padang Sumatera Barat..
    Ana ingin tau informasi lgkap ttg ahgaff dan mahasiswa disana, ana harus bgmna stadz?? dari mana saya bisa mndapatkan itu.
    dari spengetahuan ana ttg ahgaff, ana minat utk kul ksana. kabarnya mahasiswa yg Dari SumBar cma sdikit y stadz??
    kalau untuk mengetahui informasi tentang mahasiswi dsana gmana jg stadz< soalnya ada santri wati dsini jg minat, tp info lgkapnya lum ada!!.
    mohon bantuanya ya ust.. tolong kirim k email ana y stadz " moeezaa@gmail.com ".
    jazakumullah khairal jazaa….

    • ibnmaknun

      sumbar yah? kalu palembang tuh sumatra mana ya? dari Palembang ada kq, unk info lengkapnya saya blum tahu

  77. muharrikah

    assalamu’alaikum ustadz..
    al ahqoff membuka pendaftaran untuk banaat?
    minta informasi pendaftaran dan persyaratan yang harus dpenuhi ustdz..

  78. iwa

    assalamu’alaikum akh gmn cara belajar dsana??????

  79. saef

    alhamdulillah..masih ada shohib seperti ibnmakmun..yg benar2 dakwah lillahi ta’ala dalam membantu memperkenalkan ahgaff..harapan saya smoga anda slalu istiqomah..dan smoga amal anda menjadi amal jariyah..jangan lupa selalu update info ahgaff biar setiap pertanyaan terjawab dgn maksimal..syukron

  80. nursodik el hadee

    asslamu’alaikum…
    ustadz sya mau bertanya ada biayanya gha klau ingin pergi belajar kesana?
    pa semuanya gratis…

  81. roby zidni ilman

    assalamualai………….
    ana pengen tanyak beasiswa tahun 2011 ni ada soalnya saya tanya’ ke kaka’ ana blum di jwab mungkin sibuk sikripsi al _ahghoff tu kpan ?

  82. fahri

    assalamualaikum… ana min ma’had……. apakah bisa mengandlkan izazah ma’had?
    pa ja yang di uji? di sana bahasa arab resmi kan…. bkan bhs mesir gt,,….

  83. Gazali Rahman

    asslm gimana kabar para mahasiswa Indonesia di sana,saya punya ponakan kuliah disana Jailani namanya alumnus PP Tebu Ireng Jombang mungkin kalian saling kenal ,moga kalian sekembalinya dari sana membawa pencerahan buat Indonesia.wsslm.

  84. Dlaifurrahman

    Aq ingin skli k’sna,, mdah2 an bisa.. Aaamiin

  85. assalamu’alaikum ustadz…ada gk dsn untuk mahasiswinya?

  86. aa

    kapan lagi ada tes tahun 2011

  87. Alia Ahmad

    Leh numpang ya..
    Qu skrg msh kul di Ahgaf smster 4.
    Suer,Ahgaf dah bwtQ brubah bgt! Smw hidayah Q temukan d sni. Thank`s Robb…
    Pokoke Allah Allah deh kulyh di sni. Gak bs bwt maen2.Apa2 pakenya hati.
    Sabar, syukur, ikhlas.Itu kuncinya.
    Ahgaf,sebuah kesederhanaan yg terlalu indah utk sekedar diungkap lewat kata.
    Ihdinaa ya Robb..

  88. abdul fattach

    ust. ana lulusan pp.al-fatich surabaya,ana ingin kuliah di yaman lewat jalur beasiswa 2011,testnya kapan?dan dimana?
    tolong beri ana infonya.syukron jaziilan.

  89. wafda muhammad

    Assalamualaikum Wr.wb
    min qabl ana athlubul afwa…
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan tentang beasiswa yg ada d AL ahqaff…th kan apabila qta lulus tes k Alahqaff..Amiinn….qta mendapat besiswa ya meliputi Asrama,buku paket,makan dll.
    apakah itu qta dapat dr semester 1 -semester akhir nanti..???
    dan biaya hidup d yaman bgmn..?????
    trus yg terakhir,Apakah ada penghargaan bagi mahasiswa yg berprestasi nantix d sana????
    ‘Ala kulli ihtimaam asykuru syyukron jaziil…
    facebook:wafda muhammad
    email:wafda muhammad@yahoo.co.id

    • aslmkm ya ikhwani fillah.. ana mau tnya mcm mana cara pgurusan tuk ksana dr negara brunei darussalam?? kerna ana rkyat brunei tp ana lulusan dr tingkatan aliyah slh satu sekolah d indonesia jatim. ana skrng sudah d brunei makanya kluarga ana mau pgrusanya dr brunei. tlng informasionnya mcm mana??

  90. imam ali

    assalamu’alaikum wr
    perknalkan sya imam dr padang sya insya allah sya mau mndftar untk jd mahasiswa al ahgaff tp saya ber asal dr smk gmna cara nya pndftran nya? apa ada beasiswa untuk itu? tolong ya
    jazakumullah……

  91. yakfi naja

    maf maz,saya jga brcita2 kuliah dzna.apkah mterinya sma sulitnya dgan universitas di indonesia,dan apakah kta dbri penyesuaian untuk mmahami bhaza arab disna(krena sya blum patek lancar bhaza arab).jazakumullah khoiron katsiro….mhon konfirmasinya..

  92. muhammad ammar

    tahun ini ada beasiswa gk kesana..??? saya udah daftar di lasem….itu pastinya ujiannya kapan???

  93. mohammad eko hadi kuncoro

    ass.
    ustad tes yaman utk thn 2011 dmn?
    ada yg bs kami hubungi utk informasi?
    syukron……
    wass.

  94. afwan… dsana ada plajar asal dr brunei darussalam jg tak??

  95. hafidz

    Assalamu alaikm…semoga taufiqNya selalu menyertai langkah mas ade dalam menjalankan dakwah.sedikit koreksi untuk nama pendiri Al-Ahgaff yg benar Hb Abdullah bin Mahfud Al-Haddad,,terima kasih.

  96. aslkm…bib gmn hal musimx d al ahgaff..??

  97. Tsuaibatul islamiyah

    Asslamu’alaikum…ust mo tnya nich klo thnun untuk beasiswa thn nie kpan yea,,,,trus dimna…?

  98. zain albab

    assalamu’alaikum wr wb sahabat2 kapan tes ke alahgaf toalong komfir ke no ini syukron, 081937243110

  99. Tsuaibatul islamiyah

    Asslamu’alaikum…
    Ust saya dri daarul rahman
    Mo tnya klo mislny dftarny langsung pas tes bisa g ust….?
    Mnta no hp yg bisa dihbungi dnk ust…kmren saya hbngin ke ust kaml pie udh g bsa dhbngi lg ust

    • ibnmaknun

      ust kamal yg mngurus akhi, jadi info dari beliau falid :)

  100. assalamu’alaikm…, ustaz sy minta penjelasan ttg cara melanjutkan s2 syariah d al-ahqof, tlg dijelaskn syarat, ketentuan dan prikaan biayanya?

  101. afwan ya ustad saya mau tanya untuk tes di jakarta, saya bisa menghubungi siapa ya, apa untuk perempuan hanya ada fakultas tarbiyah saja, saya minta infomasinya yaustad, syukron

  102. Assalamua’laikum…
    ana dari Aceh,,,ana baru mau Selesai S1jurusan PAI Di Universitas Islam Tamiang, Aceh
    jd apa saja syarat melanjutkan Study Ke Yaman dan jurusan apa yg Harus ana tempuh?

  103. hubbillah

    Assalamu’alaikum
    maaf saya mau bertanya,di al-ahgaf apa ada jurusan bhs selain bahas arab?

    • ibnmaknun

      unk putra hanya 1 fakultas bagi tmen2 indonesia “syariah wal qonun”

      • hubbillah

        oh na’am syuqron ust.apa ada beasiswa untuk thun 2012 ust ?

  104. ahmad maryudi

    ustad, saya berusia 41 tahun, pernah kuliah di IAIN tapi gk melanjutkan waktu itu sudah sampai semester 8, dan saya pernah mondok di pesanten salafiyah untuk nahwu sudah sampai alfiyah tapi belum hafal dan pernah ngaji sorogan ke beberapa pesantren. untuk SLTA nya saya dari STM. masih ada kesempatan gk saya mendaftar di Universtas Al-Ahqof, tolong bantu pak ustad, berminat sekali sy dpt belajar di sana, atw informasikan saya untuk dapat menuntut ilmu kepada syeikh2 yg berada di sana….sukron katsir

  105. Hari

    saya mau s2 di yaman, bagaimana caranya.

  106. aning

    assalam…… ….afwan akhi ….ana alumni PMDG GP3 skarang saya sedang dlam pngabdian tapi saya ingin sekali mengambil jurusan tafsir ,skarang ini saya mncari d indonesia begitu jarang apa di yaman tersedia jurusan tafsir?,ana harap ksediaan antum brbagi dengan prtanyaan saya …….karna besar harapan saya memahami makna setiap ayat dalam al quran..syukron jazakumullah khoirul jaza,.,……wassalam

  107. Sa'idatu Alfi Nur Faizah

    Assalamu’alaikum warochmatullah yaa ustadz……………
    ana min nganjuk, kalau ana maw daftar itu kira” tempat pendaftarannya dimana ya?

    tRuz kalau tes itu di indonesia apa di universitasnya langsung?
    wa ana maw tanya jurusan apa saja yang ada?

    syukron katsiron yaa ustadz……………

  108. fii jannatin aliyah

    Assalamu’alaikum,,,,,,,
    SubhannaLLah,,,senang ya….. bisa belajar di kota yang terkenal seribu wali ……..!!!!!….banyak loh teman teman saya yang kuliah di sana,,,,,semoga sukses wahai saudara saudaraku,,,,,Amiinnn…..
    minta do’anya semoga saya bisa segera mengunjungi makam rosuluLLah,,,syukron akhi jazzakumuLLah,,,barokaLLah…..

    • ibnmaknun

      alaikumsalam… syukron atas kunjunganya :)
      salam ya untuk kawan2 nya..

  109. Zainal abidin

    Assalamu’alakum. Bgaimana cara mendapatkan biaya siswa s2 untuk prodi ahwaluh syahsiah. Jika non biasiswa kira2 biyayanya berapa? Apa syarat yg harus saya penuhi?
    Sukron katsir

    • ibnmaknun

      alaikumsalam, ahwal syahsiah ndak ada setahu saya, terus S2 sana mengutamakan lulusanya

  110. abdur rozak

    untuk Contac Person Al-Ahgaff Jakarta hubungi UST.ABDUR ROZAK alamat Jl.Palawan Revolusi no 27 rt.004/012 pondok bambu Jakarta timur HP: 0815-1004-1007

  111. Assalamualaikum…kapan ya di buka tes untuk ke Al ahgaff tahun 2013?sukron katsir

  112. ASSALAMUALAEKUM
    kegiatan sehari harinya itu seperti pesantren nggak kiyai ?

  113. fina khusna

    assalamu’alaikum, maaf apa benar sekarang d al ahgaff sudah ada fakultas tarbiyah untuk putri,,,,,

  114. mea

    assalamualaikum
    ad fak. ski nya g???

  115. Khadimul Musthofa

    Assalamualaikum, salam ukhwah dari Brunei, mau tanya, bagaimana urusan kemasukannya dari Brunei ya? Saya asalnya dari Brunei dan menuntut disini dan ingin lanjut pelajaran ke Yaman, tpi belum ada penghantaran dari
    kerajaan Brunei kesana, jadi gimana ya?

    • ibnmaknun

      Alaykumsalam akhuna, coba hubungi ustz kami: Cp: 1-Hasan Aljufri Hp: 08122212000, 2-Ali Aljufri Hp: 089661515845

  116. Farid Khoirul Muntaha

    Ustadz…apakah untuk biaya pemberangkatan ke Yaman yang sekitar Rp 25jt itu, bisa ada keringanan bagi yang kurang mampu?Kalo emang bisa gimana caranya dan persyaratannya apa aja?mohon dibalas….Syukron Katsiron Jazaakallohu Khoirol Jaza’

    • ibnmaknun

      silakan hubungi

      Cp: 1-Hasan Aljufri Hp: 08122212000, 2-Ali Aljufri Hp: 089661515845

  117. aslamualaikum…afawan ana abdurrahman..mau nanya nih untuk pendaftaran tahun 2014 ini bulan apa yah ust?? dan cara daftarnya bagaimana ust… dan persyaratannya apa saja ya ust…??
    sukrooon katsiron ust…

    • ibnmaknun

      silakan hubungi:

      Cp: 1-Hasan Aljufri Hp: 08122212000, 2-Ali Aljufri Hp: 089661515845

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.224 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: